Situs Berita Indonesia dan Dunia, kabar terbaru terkini. Situs berita terpercaya dari politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno hingga gosip artis.

Memandang Positif Perbedaan Sosial

Setiap orang pasti punya garis nasib yang berbeda-beda karena sudah menjadi ketentuan yang dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dan Tuhan menciptakan perbedaan nasib itu pasti punya alasan tersendiri, bukan sekedar untuk menghadirkan perbedaan belaka.

Perbedaan nasib ini memunculkan suatu yang dinamakan dengan perbedaan sosial.

Dan yang paling umum terjadi di masyarakat kita, perbedaan sosial ini lebih sering dilihat dari sudut pandang harta dan kekayaan, jabatan dan sebagainya.

Lalu bagaimanakah sebaiknya kita menyikapi hal ini?. Tentu saja kita harus bisa memandangnya dari sisi yang positif dan baik.

Bagi mereka yang kebetulan punya nasib keberuntungan yang bagus, jangan merasa tinggi hati apalagi bersikap sombong pada orang yang nasibnya kurang beruntung.

Jadikanlah harta yang dimiliki untuk membantu orang lain agar jurang perbedaan sosial tidak menjadi sekat pemisah yang membatasi gerak pergaulan, komunikasi dan sebagainya.

Bukan malah dijadikan sebagai ajang untuk pamer atau untuk menunjukan bahwa derajatnya lebih tinggi dari orang lain, Jika punya ilmu dan keahlian tertentu, bila ada waktu dan kesempatan tularkan ilmu tersebut pada orang lain. Siapa tahu dengan ilmu yang didapatnya, maka orang tersebut bisa melakukan usaha yang lebih baik sehingga bisa mendatangkan manfaat yang sangat besar.

Dari sinilah dia bisa meningkatkan penghasilan dan kualitas hidupnya makin meningkat.

Jangan pernah berpikir bila berbagi ilmu atau keahlian itu akan mendatangkan persaingan yang lebih ketat. Membagi ilmu justru akan membuat kita makin pintar dan cerdas sekaligus dapat membina hubungan yang lebih baik dengan siapa saja tanpa memandang perbedaan yang ada.

Sebaliknya bagi mereka yang nasibnya kurang begitu bagus jangan mudah iri atau dengki pada mereka yang status sosial dan standar kehidupannya lebih tinggi. Jadikan hal ini sebagai media untuk memicu semangat agar mau berusaha bekerja dan belajar dengan gigih serta tekun.

Jika ini dilakukan, yakinlah nasib akan berubah dan kita bisa mengejar ketertinggalan yang sudah bisa dicapai oleh orang lain.

Jadi Jangan segan untuk bertanya dan belajar pada mereka yang sudah berhasil dan sukses. Dalam hal ini kita boleh mencuri.

Tapi yang dimaksud dengan mencuri di sini adalah mengambil dan mempelajari teknik dan metode orang yang sukses serta bagaimana jalan yang harus ditempuh untuk menuju tangga kesuksesan.

Namun apabila keberuntungan belum berpihak kepada kita, jangan langsung bersedih hati atau putus asa. Ambil saja sisi positifnya dan selalulah berpikir, bahwa status sosial yang tinggi itu bukan merupakan jaminan untuk mendapat kebahagiaan yang sejati.

 


Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*