Situs Berita Indonesia dan Dunia, kabar terbaru terkini. Situs berita terpercaya dari politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno hingga gosip artis.

6 Tips Menggunakan Facebook Secara Bijak

Tidak disangka bahwa pengguna Facebook di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di dunia. Total ada sekitar 43,06 juta orang Indonesia yang menjadi ‘member Facebook’, hanya kalah dari Amerika Serikat dan India.

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan lewat jejaring sosial ini, anda bisa terhubung orang disekitar anda maupun dari luar negeri. Selain itu Facebook juga sering dimanfaatkan orang untuk ajang berbisnis atau sekedar mencari pasangan hidup.

Namun, sudahkah anda menggunakan dengan baik dan bijak jejaring sosial ini? Karena akhir-akhir ini banyak para remaja di Indonesia yang kurang bijak dan tidak betul-betul memanfaatkan kemudahan Facebook.

Berikut ini kami tuliskan 6 tips menggunakan jejaring sosial Facebook secara baik dan bijak:

Cantumkanlah nama asli anda : Pengguna Facebook di Indonesia terbilang aneh, banyak diantara mereka yang tidak mau mencantumkan nama aslinya.

Entah bagaimana budaya menggunakan  nama rombakan” ini dijadikan tradisi pengguna Facebook Indonesia, karena jika anda lihat di Amerika umumnya mereka mencantumkan nama asli.

Contohnya di Indonesia, seorang yang bernama “Siska” mencantumkan namanya dengan “Siska celalusetiasampaikapanpun”, atau mungkin seorang yang bernama “Dedy” mencantumkan namanya dengan “Dedy sigangsterromantis”.

Bahkan ada yang sangat parah sampai menghilangkan nama depan dan belakangnya. Sebenarnya justru sangat merugikan jika akan anda menggunakan ;nama rombakan” semacam itu, karena teman, keluarga atau rekan bisnis anda mungkin lebih mudah mencari Facebook anda jika anda memakai nama asli.

Jadi alangkah baiknya cantumkanlah nama asli anda di Facebook .

Gunakan foto profil yang menampilkan wajah anda yang asli : Anda bebas sesukanya untuk memuat foto profil dengan berbagai gaya, asalkan masih terlihat sopan, dan jangan terlalu banyak di edit jauh dari aslinya.

Foto asli akan memudahkan orang lain mengenali anda atau teman dan saudara anda tidak akan kebingungan jika sedang mencari Facebook anda. Apa jadinya jika orang lain ragu mengirim pesan kepada anda hanya karena ia tidak yakin itu Facebook anda akibat tidak menampilkan wajah anda?

angan terlalu banyak teman : Yang dimaksud disini adalah jangan berlebihan menambahkan teman di Facebook anda, karena saat ini sedang nge-tren lomba memiliki teman Facebook terbanyak.

Dengan banyaknya teman di Facebook, apakah semua itu bermanfaat?

Tidak lain dan tidak bukan hal itu hanya akan memenuhi Beranda anda dengan status maupun kiriman lain yang berganti setiap menitnya.

Angka pertemanan yang wajar adalah antara 500 sampai 1.000 orang. Terlalu banyak teman juga hanya membuat anda terganggu dengan chating dan komentar status yang tidak jelas, maupun tag foto yang tidak berhubungan dengan anda.

Tulislah status dan komentar yang baik : Dalam kolom status pihak Facebook menawarkan kepada anda untuk menulis hal “apa yang anda pikirkan”.

Artinya apa boleh menulis apa hal yang sedang anda rasakan, inginkan, lalui, katakan dan sebagainya.

Namun kebebasan ini bukan berarti anda boleh bebas sebebas-bebasnya menulis sesuatu, tetaplah gunakan etika dan bahasa yang baik.

Anda boleh curhat atau sekedar menuangkan isi hati yang sedang “galau”, namun jangan tuliskan kata-kata kasar, cemooh, jorok, rasis, dan yang seharusnya tidak dituliskan.

Dan alangkah baiknya tulislah status yang berkonotasi positif, membangun, memotivasi dan yang bisa menunjukan bahwa anda bukanlah orang barbar.

Hal ini penting guna meningkatkan reputasi anda dalam  ;dunia jejaring sosial facebook;. Berikan pula respon komentar yang positif pada status dan foto-foto teman anda.

Tulislah informasi pribadi anda dengan tepat:

Hal ini tidak bisa dianggap sepele, nama kota asal, kota sekarang, daftar keluarga, minat, dan pekerjaan seharusnya ditulis sebagaimana aslinya. Saat ini kebanyakan para remaja menuliskan informasi pribadinya dengan asal-asalan untuk kepuasan sendiri.

Jangan mengunggah foto sembarangan : Artinya anda tidak perlu mengunggah foto yang tidak berhubungan dengan anda. Lebih baik anda mengunggah foto anda, teman-teman anda, atau mungkin produk-produk yang jual jika anda memang memanfaatkan jejaring sosial untuk berbisnis.

Jangan mengunggah foto-foto yang seronok dan berbau ponografi serta gambar ejekan terhadap orang lain.


Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*