Situs Berita Indonesia dan Dunia, kabar terbaru terkini. Situs berita terpercaya dari politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno hingga gosip artis.

6 Cara Mengatasi Kelelahan Saat Menjadi Seorang Ibu Baru

Mengatasi kelelahan saat menjadi ibu baru perlu dipertimbangkan dengan seksama. Tak jarang banyak wanita merasa kesal, capai dan lesu setelah menjalani ketakutan yang sering dihadapi calon ayah.

Proses persalinan yang begitu berat. Belum hilang rasa sakit yang diderita setelah proses melahirkan, anda harus sibuk berkonsentrasi mengurus si kecil.

Proses penyembuhan setelah melahirkan memang memakan waktu yang cukup lama sebab tubuh kehilangan banyak tenaga.

Tidak hanya itu tangisan bayi yang setiap waktu terdengar di telinga tidak akan membuat anda tidur nyenyak. Akibatnya rasa lelah yang hebat pun tidak bisa disingkirkan bila anda tak mampu mengelola  waktu dengan baik.

Berikut ini kami sampaikan tips bagi ibu baru yang ingin mengatasi kelelahan:

Nikmati kebersamaan dengan si kecil:  Mengurus bayi memang sangat menyenangkan. Akan tetapi tubuh juga akan merasa cepat lelah bila semua urusan bayi diserahkan pada si ibu. Bila hal ini terjadi pada anda, satu-satunya jalan untuk menepis rasa lelah tersebut dengan menikmati waktu yang anda jalani bersama si kecil.

Konsumsi makanan rendah gula atau lemak: Bila anda wanita penyuka makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi seperti permen, kentang goreng, burger, keripik ataupun biskuit, lebih baik hindari makanan jenis ini untuk sementara waktu jika ingin mengatasi kelelahan.

Banyak yang berpikir bahwa makanan tersebut bisa menambah energi dalam tubuh.

Tentunya pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, namun energi yang didapat hanya bisa dirasakan untuk sementara waktu sebab anda akan merasa lebih lelah daripada sebelumnya. Bila anda ingin menambah energi, pilih makanan yang mengandung cukup protein misalnya buah, yogurt, kismis dan almond.

Manfaatkan bantuan yang ada: Suami bisa dijadikan anggota tim untuk membantu mengurus anak bila anda merasa sangat lelah.

Anda hanya perlu mengajarkan kepada suami cara memberikan makanan pada si kecil dan meninabobokan dia sesekali. Bila anda berdua sedang kelelahan, tak ada salahnya untuk meminta bantuan saudara, teman yang bisa dipercaya ataupun orang tua.

Cek kondisi fisik: Anda bisa mengatasi kelelahan dengan jalan berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi fisik saat ini.

Cari tahu terlebih dahulu penyebab mudah lelahnya tubuh. Dengan begitu dokter bisa memberikan solusi yang tepat.

Rajin makan kudapan sehat: Banyak ibu baru yang tidak sempat mengkonsumsi makanan apapun saat ia tengah mengurus si kecil. Bila anda benar-benar tak punya waktu untuk makan malam ataupun makan siang, usahakan untuk mengudap camilan sehat minimal empat jam sekali.

Kudapan yang sehat ini membantu tubuh untuk mempertahankan kadar nomal gula dalam darah supaya anda tetap segar bugar setiap harinya.

Sediakan Makanan Sehat: Biasanya mereka yang baru saja menjadi seorang ibu memiliki pola makan yang tak teratur. Untuk mengatasi rasa lelah anda bisa melampiaskannya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Oleh sebab itu anda perlu selalu siap sedia dengan beragam cadangan makanan di kulkas. Pastikan saja kulkas dipenuhi oleh buah, sayur, yogurt, susu, sereal, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk mengatasi kelelahan.


One thought on

Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*